Perkembangan Komputer Grafik
pengertian Grafik Komputer adalah merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari Grafika Komputer ada yang berupa Grafika 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer biasa dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Ada juga bagian dari Grafik Komputer yang perlu kita ketahui yaitu :
1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang.
2. Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4.Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
sejarah dan Perkembangan Grafika Komputer sendiri sudah dimulai sejak zaman dahulu yaitu sejak jaman ketika banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi dengan grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik.Seperti Leonardo da Vinci sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik.
Perkembangan Grafika Komputer dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu:
>Fase Pertama, tahun 50an
merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode.
>fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD
>Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
>Fase keempat, dekade 80an
ada masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.
Perkembangan grafik komputer
menjadi hal yang sangat menunjang kehidupan manusia saat ini, banyak sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya perkembangan grafik komputer, antara lain:
Antarmuka pengguna (Graphic User Interface-GUI)
Peta (Cartography)
Kesehatan
Perancangan Objek (Computer Aided Design-CAD)
Sistem Multimedia
Presentasi Grafik
Presentasi Saintifik
Pemrosesan Citra
Simulasi
Format Gambar Dalam Grafik Komputer
Hal mendasar dari sebuah grafik komputer adalah gambar. Ketika berbicara mengenai gambar dan grafik komputer, pasti akan bersangkutan dengan bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan. Terdapat format-format gambar dengan kualitas dan ciri-ciri yang berbeda.
Gambar Vektor
Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi. Contoh format gambar vektor adalah SVG
Gambar Bitmap
Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Contoh format gambar bitmap yang sering dijumpai adalah GIF, JPEG, BMP dan PNG
Dampak Perkembangan Grafik Komputer Terhadap Manusia
Dalam kehidupan manusia Grafika Komputer mempunyai dampak baik dari segi positif maupun negatif. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari adanya perkembangan Grafik Komputer terhadap manusia:
1. Dalam bidang pendidikan
dibidang ini komputer grafis di manfaatkan dalam pembuatan bahan presentasi untuk mengajar dengan menggunakan powerpoint, dengan menggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan, tidak hanya teori saja tetapi sudah bisa melihat bentuk dan simulasinya . bentuk ini padat berupa gambar ,bidang ,ruang, kerangka manusia, susunan tubuh manusia dan lain sebagainya
2. Dalam bidang hiburan
3. Dalam bidang perancangan
4. Dalam bidang kesehatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar