Komputer Grafik : chapter 01 - Perkembangan Komputer Grafik


  

Perkembangan Komputer Grafik



pengertian Grafik Komputer adalah merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari Grafika Komputer ada yang berupa Grafika 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer biasa dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Ada juga bagian dari Grafik Komputer yang perlu kita ketahui yaitu :

1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang.

2. Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan

3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya

4.Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar


 sejarah dan Perkembangan Grafika Komputer sendiri sudah dimulai sejak zaman dahulu yaitu sejak jaman ketika banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi dengan grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik.Seperti Leonardo da Vinci sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik.

Perkembangan Grafika Komputer dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu:

>Fase Pertama, tahun 50an 

merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode.

>fase Kedua, dekade 60an

Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD

>Fase Ketiga pada dekade 70an

Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

>Fase keempat, dekade 80an

ada masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.


Perkembangan grafik komputer 

menjadi hal yang sangat menunjang kehidupan manusia saat ini, banyak sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya perkembangan grafik komputer, antara lain:

Antarmuka pengguna (Graphic User Interface-GUI)

Peta (Cartography)

Kesehatan

Perancangan Objek (Computer Aided Design-CAD)

Sistem Multimedia

Presentasi Grafik

Presentasi Saintifik

Pemrosesan Citra

Simulasi


Format Gambar Dalam Grafik Komputer


Hal mendasar dari sebuah grafik komputer adalah gambar. Ketika berbicara mengenai gambar dan grafik komputer, pasti akan bersangkutan dengan bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan. Terdapat format-format gambar dengan kualitas dan ciri-ciri yang berbeda.

Gambar Vektor

Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi. Contoh format gambar vektor adalah SVG

Gambar Bitmap

Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Contoh format gambar bitmap yang sering dijumpai adalah GIF, JPEG, BMP dan PNG

Dampak Perkembangan Grafik Komputer Terhadap Manusia

Dalam kehidupan manusia Grafika Komputer mempunyai dampak baik dari segi positif maupun negatif. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari adanya perkembangan Grafik Komputer terhadap manusia:

1. Dalam bidang pendidikan 

dibidang ini  komputer grafis di manfaatkan dalam pembuatan bahan presentasi untuk mengajar dengan menggunakan powerpoint, dengan menggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan, tidak hanya teori saja tetapi sudah bisa melihat bentuk dan simulasinya . bentuk ini padat berupa gambar ,bidang ,ruang, kerangka manusia, susunan tubuh manusia dan lain sebagainya 


2. Dalam bidang hiburan 

Dalam bidaang hiburan animasi yang ada pada sebuah game . contohnya pada semua acara hiburan di televisi banyak menggunakan komputer grafis. mulai dari film kartun ,iklan di tv,  dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer , grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik 

3. Dalam bidang perancangan 

pada bidang ini grafik komputer di gunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang dibuat . misalnya di gunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan , desain kendaraan dan lainnya . mengunakan software desai grafik seperti autocad semuanya akan berlangsung sangat mudah dan lebih sfesifik dalam perancangan yang akan di bua . memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya


4. Dalam bidang kesehatan 

di zaman komputerisasi seperti saat ini , penggunaan komputer tidak melulu berhubungan dengan pengolahan data konvensional atau berupa angka angka saja , dalam bidang kesehatan banyak sekali 
di gunakan system komputerisasi yang menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra , misalnya usg contoh lainnya adalah penggunaan sinar x (foto rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran . sinar x sangatlah membantu dokter mendiaknosa suatu penyakit










 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar